Mobile GIS


Saat ini perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat dan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi. Salah satu contohnya adalah Mobile GIS.
Mobile GIS merupakan Sistem Informasi Geografi yang berbasiskan perangkat mobile seperti smartphone ataupun PDA (Personal Digital Assistant)
Mobile GIS diimplementasikan pada 2 area aplikasi utama, yaitu:
– Location Based Services 
Location Based Service (LBS) adalah layanan informasi yang diakses dengan mobile phonemelalui jaringan selular dan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan posisi geografis pada perangkat mobile tersebut. Layanan ini menggunakan teknologi global positioning service (GPS) dan cell-based location dari Google. Beberapa aplikasi populer untuk LBS antara lain layanan pemetaan atau pencarian alamat, navigasi yang dipasang pada kendaraan untuk melaporkan navigasi lalu lintas secara real time dan masih banyak lagi yang lainnya.

– Field Based GIS
Field-based GIS merupakan Sistem Informasi Geografi untuk kegiatan lapanganBeberapa aplikasi populer untuk FBS antara lain monitoring pengelolaan sumber daya alam, management tanggap darurat dan bencana, penelitian tentang ekologi dan geografi dan masih banyak yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tujuan dan Manafaat Web GIS